Kunjungi SIER, Austrade: Yakin SIER Adalah Mitra Kolaborasi Potensial dan Relevan

Surabaya, 28 Februari 2024 - PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) mendapatkan kunjungan dari Komisi Perdagangan dan Investasi Pemerintah Australia atau Australian Trade and Investment Commission (Austrade) dalam rangka menjajaki potensi kolaborasi perdagangan dan investasi dengan PT SIER pada Kamis (28/2).

“Sebagai PIC sektor infrastruktur Austrade di Indonesia, saya meyakini PT SIER merupakan mitra kolaborasi potensial dan relevan bagi industri Australia,” kata Popo Anwar, Business Development Manager (Infrastructure) Austrade.

Tak hanya pemaparan dan diskusi, perwakilan Austrade juga berkunjung ke Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang dimiliki PT SIER. Austrade ingin melihat bagaimana cara mengelola limbah untuk menghasilkan air bersih yang layak digunakan untuk kegiatan operasional PT SIER. Pemerintah Australia melihat bahwa teknologi pengelolahan air limbah ini sangat penting untuk dipelajari agar air bersih dapat terjamin ketersediannya di masa depan.

“PT SIER adalah salah satu perusahaan kawasan industri terbesar di Indonesia, khususnya yang menerapkan teknologi Waste Water Treatment Plant (WWTP) yang sukses dan berkapasitas besar,” ungkap Lauren Adams, Trade and Investment Commissioner

Saat ini PT SIER mampu mengelola dan menangani air limbah dari seluruh pabrik di lingkungan SIER dan PIER. PT SIER juga menangani pengolahan air limbah dari pabrik di luar SIER dan PIER, di wilayah Jawa Timur.

Kedatangan perwakilan Austrade disambut langsung oleh Direktur Utama PT SIER, Didik Prasetiyono. Tim Austrade yang hadir dalam kunjungan selain Popo dan Lauren, adalah Aris Pratama, Senior Business Development Manager di Austrade.

“Pengolahan air limbah di SIER dan PIER menggunakan sistem pengolahan biologis tanpa bahan kimia apapun. Volume air yang dapat diterima di IPAL kami adalah 10.000 m2/hari di IPAL Surabaya dan 14.000 m2/hari di IPAL Pasuruan,” tutur Didik.

Didik berharap, hubungan yang sudah terjalin antara PT SIER dengan Austrade bisa semakin baik ke depannya. Hubungan ini bisa saling menguntungkan dan bisa melahirkan kerjasama yang bermanfaat bagi kedua belah pihak.

”Kami juga ingin memahami operasi dan tantangan salah satu yang terbesar perusahaan kawasan industri di Indonesia khususnya terkait penerapan smart technology, limbah, dan pengolahan air,” ungkap Popo ketika ditanya mengenai latar belakang dilakukannya kunjungan pada hari ini.