IIPC Seoul Kunjungi SIER, Eksplorasi Lokasi Potensial Untuk Investasi

PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) mendapatkan kunjungan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Investment Promotion Center (IIPC) Seoul Korea. Kunjungan dilakukan sebagai upaya eksplorasi lokasi potensial untuk meningkatkan minat investor Korea di kawasan Jawa Timur, khususnya Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER) milik PT SIER, Senin (04/03).

 “Kami melihat PIER adalah kawasan industri yang memiliki infrastruktur dan sarana pendukung yang lengkap. Selain itu kemudahan untuk mendapatkan raw material untuk membangun pabrik serta menjalankan produksi. Hal itulah yang membuat kami memilih PIER untuk dijajaki.” ungkap Reza Mawasthama, Direktur IIPC Seoul.

Kawasan industri SIER dan PIER dilengkapi dengan sarana penunjang yang lengkap. Salah satunya adalah saluran limbah pabrik yang sudah terkoneksi dengan penampungan limbah. Nantinya limbah tersebut akan bermuara ke Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Di samping itu, juga tersedia pipa jalur gas, air dan internet yang dapat mendukung aktivitas produksi pabrik yang berada di kawasan SIER dan PIER.

“SIER dan PIER merupakan Eco Friendly Industrial Estate. Selama 50 tahun SIER berhasil hidup berdampingan dengan masyarakat. SIER dan PIER juga memiliki keunggulan lokasi yang strategis karena terkoneksi dengan akses tol ke Bandara Juanda dan pelabuhan Tanjung Perak,” kata Didik Prasetiyono, Direktur Utama PT SIER.

Tak hanya pemaparan dan diskusi, BKPM dan IIPC Seoul juga berkunjung ke PIER agar mendapatkan gambaran yang utuh mengenai investasi di PIER. Setelah dari Wisma SIER, rombongan bertolak ke PIER dan langsung survey menuju lahan yang potensial.

Selain Didik, kedatangan perwakilan BKPM dan IIPC Seoul juga disambut oleh Direktur Operasi Lussi Erniawati, dan Direktur Pemasaran dan Pengembangan Silvester Budi Agung. Tim BKPM yang hadir dalam kunjungan antara lain Kepala Manajemen Investasi dan Perencanaan Binsan Siregar, Kepala Promosi Investasi Media Elektronik Astri Augustine. Sedangkan perwakilan dari IIPC, turut hadir Wadil Direktur IIPC Seoul Bayu Armityo.

Binsan berharap, potensi dan keunggulan yang dimiliki kawasan industri PIER bisa meningkatkan ketertarikan investasi para investor dari Korea Selatan.

Sebagai tambahan informasi, SIER mengelola kawasan industri di 3 area, diantaranya Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan. Menginjak usia 50 tahun pada tahun 2024 ini, SIER berencana melakukan ekspansi ke Ngawi.