Upaya Selamatkan Bumi, SIER Sinergi Tanam Pohon Bersama Amcor dan Djarum Foundation

PASURUAN – PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) terus berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan terutama di sekitar kawasan industri. Hal ini sejalan dengan visi PT SIER yaitu menjadi pengembang kawasan industri modern yang terintegrasi dan ramah lingkungan.

PT SIER bersinergi dengan PT Amcor Specialty Cartons Indonesia (Amcor) dan Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) melakukan penanaman pohon tabebuya di kawasan industri Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER) pada Selasa (15/8). Sebanyak 100 bibit pohon tabebuya berwarna kuning dan pink disiapkan oleh pihak BLDF. Bibit pohon ini ditanam pada area seluas 1500m2 yang berada di dalam kawasan industri PIER.

Penanaman pohon secara simbolis diawali oleh Langgeng Widodo (Presiden Direktur Amcor). Dilanjutkan oleh Anton Edy Purnomo (Senior Manager – Community Development Bakti Lingkungan Djarum Foundation) dan Didik Prasetiyono (Direktur Utama PT SIER). Turut hadir pula Silvester Budi Agung (Direktur Pemasaran dan Pengembangan PT SIER), Lussi Erniawati (Direktur Operasi PT SIER), dan Sudarto (Kepala Divisi PIER).

”Terima kasih kepada pihak Bakti Lingkungan Djarum Foundation yang telah berkenan menyambut baik inisiatif kami. Pada saat kita kunjungan bisnis tidak hanya berbicara mengenai bisnis tapi juga bagaimana anak cucu kita nanti bisa menikmati apa yang kita rasakan hari ini dengan kualitas yang mudah-mudahan lebih baik. Terima kasih juga untuk pengelola kawasan SIER dan PIER karena telah difasilitasi lahan untuk kegiatan penanaman pohon ini. Kami tidak punya lahan, tapi kami punya niat baik bagaimana bersinergi dengan semua stakeholder untuk bersama-sama menyelamatkan bumi,” ujar Langgeng.

Kegiatan yang mengusung slogan Safe The Planet with Planting Trees ini dapat terwujud karena adanya kolaborasi antara tiga pihak yang peduli akan masa depan bumi. Manfaat menanam pohon tabebuya di kawasan industri sangat penting dikarenakan pohon ini memiliki kemampuan menyerap senyawa karbon yang berbahaya dan bisa bertahan di cuaca kering maupun lembab. Dampak positif yang didapat dari penanaman pohon ini bahkan bisa dirasakan bertahun-tahun kemudian karena bisa mengurangi pemanasan global dan memperbaiki kualitas udara di lingkungan sekitar.

”Kami dari pihak PT SIER sangat berterima kasih atas inisiasi mulia dari Amcor yang ingin melakukan penghijauan di kawasan industri PIER serta Bakti Lingkungan Djarum Foundation yang telah menyediakan bibit pohon tabebuya. Kegiatan penanaman pohon ini dapat terwujud karena adanya gotong royong dari tiga pihak yaitu SIER, Amcor, dan Djarum Foundation melalui bakti lingkungannya. Semoga dengan adanya penghijauan ini kita bersama-sama juga telah mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 15 yaitu Ekosistem Daratan yang memiliki tujuan selaras,” ucap Didik.

Didik menambahkan dukungan dari BLDF tentunya sangat berdampak bagi kelestarian lingkungan, terutama bagi sekitar kawasan industri yang menjadi rumah bagi berbagai perusahaan beserta karyawan di dalamnya. Terlebih, dampak dari penanaman pohon ini sangat berpengaruh besar di masa yang akan mendatang bagi banyak orang.

BLDF merupakan salah satu dari lima bakti yang dimiliki Djarum Foundation yaitu Bakti Sosial, Bakti Olahraga, Bakti Pendidikan, dan Bakti Budaya. BLDF ini memiliki tujuan untuk melestarikan alam, menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman untuk kehidupan yang berkelanjutan.

Kegiatan yang telah dilakukan oleh BLDF antara lain penanaman pohon trembesi di berbagai jalur transportasi di pulau Jawa, Madura, Sumatera dan Lombok, konservasi mangrove di pesisir Pantai Utara Jawa, konservasi Lereng Muria dan Perbukitan Patiayam, serta gerakan Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling) yang merupakan gerakan berbasis digital yang mengajak generasi muda untuk berperan aktif dan berkolaborasi lewat aksi lingkungan yang lebih baik. Gerakan ini telah menghijaukan berbagai kawasan percandian di Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jambi.