Menteri Perindustrian Resmikan Pabrik Daur Ulang Sampah Plastik Terbesar Indonesia

PT Veolia Services Indonesia yang merupakan salah satu tenant PT SIER hari ini (30/6) telah mengadakan peresmian pabrik daur ulang di Kawasan SIER Pasuruan. Diresmikan secara daring oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si, PT Veolia memiliki luasan pabrik sebesar 21.675 m2. Acara peresmian ini dihadiri oleh President Director of Danone-AQUA Connie Ang, President Director of Veolia Indonesia Sven Beraud-Sudreau dan Duta Besar Perancis untuk Indonesia H.E. Mr. Olivier Chambard.

Veolia Indonesia membangun pabrik daur ulang botol PET (Polyethylene Terephthalate) terbesar dan termutakhir di Indonesia di Kawasan Industri PIER (Pasuruan Industrial Estate Rembang) milik PT SIER. Peresmian pabrik daur ulang ini turut membantu pemerintah dalam mengurangi sampah plastik. Sustainable Development Director Danone Indonesia Karyanto Wibowo menyampaikan bahwa kolaborasi adalah kunci untuk menyelesaikan persoalan global.

"Kami memilih PIER di Pasuruan ini karena lokasi yang strategis, perizinan yang mudah, pengelola iawasan industri yang suportif dan akses distribusi dgn infrastruktur yang baik," kata Factory Manager Veolia Indonesia, Xavier Jean di Pasuruan, Rabu (30/6/2021).

Besaran produksi Veolia Indonesia bisa mencapai 25.000 metrik ton per tahun. Keberadaan pabrik daur ulang ini aman untuk lingkungan. Veolia sendiri merupakan pabrik pengolahan yang bekerja sama dengan Danone untuk daur ulang botol bekas menjadi botol baru kembali.

"Kami tentunya bangga sebagai kawasan industri bisa menjadi tempat investasi pabrik baru ini, harapan kami sama seperti yang disampaikan Menteri Prindustrian Pak Agus Gumiwang di pidato pembukaan tadi, yaitu dengan diresmikannya Veolia Indonesia di Kawasan Industri PIER Pasuruan ini dapat membantu meningkatkan circular economy yang ujungnya ikut membantu menambah pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan," disampaikan Didik Prasetiyono, Direktur Operasi PT SIER.