Wujudkan Kawasan Industri Ramah Lingkungan, PT SIER Teken Kerjasama dengan Reciki Terkait Pengelolaan Sampah

Surabaya, 22 Februari 2024 - PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) menandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan PT Reciki Solusi Indonesia terkait pengelolaan sampah. Agenda penandatanganan yang dihadiri oleh Direktur Utama PT SIER, Didik Prasetiyono dan Direktur PT Reciki, Bhima Aries Diyanto ini dilaksanakan pada Kamis (22/2) berlokasi di Wisma SIER, Surabaya.

Menuju usia 50 tahun, PT SIER terus berupaya untuk merealisasikan tagline perusahaan yang bertajuk Green, Modern & Integrated. Kerjasama yang akan dilakukan kedua belah pihak merupakan kerjasama pengelolaan sampah kawasan dengan tujuan untuk mengurangi sampah yang yang terbuang kembali ke tanah (zero waste to land fill).

“SIER sudah membangun Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di kawasan PIER Pasuruan dan akan dikerjasamakan dalam hal pengelolaannya dengan Reciki,” ujar Didik.

Didik menambahkan, bahwa TPST milik SIER ini merupakan TPST pertama yang dimiliki oleh kawasan industri BUMN di Indonesia. SIER berharap bisa menjadi pionir bagi kawasan industri lainnya.

“Reciki sudah memiliki pengalaman dalam mengelola sampah sejenis sampah rumah tangga dan kami siap bekerjasama dengan PT SIER dalam mewujudkan kawasan industri yang lebih ramah lingkungan,” kata Bhima.

TPST PT SIER di Pasuruan memiliki luasan 2 hektar, dengan kapasitas mesin daya tampung dan olah lebih kurang 60 ton semua jenis sampah padat (organic-anorganik-non B3) per hari.

TPST ini nantinya mulai beroperasi di pertengahan tahun 2024 dan akan dikembangkan melalui digitalisasi pelayanan dan data agar bisa memberikan manfaat dan kemudahan jangka panjang.

“Harapannya nanti ketika sudah beroperasi, TPST ini akan menjadi solusi untuk para stakeholder, dalam hal ini, pemerintah daerah serta perusahaan kawasan sebagai alternatif solusi pengelolaan sampah”, ungkap Didik.

Penandatanganan ini turut dihadiri oleh Silvester Budi Agung selaku Direktur Pemasaran dan Pengembangan PT SIER, Lussi Erniawati selaku Direktur Operasi PT SIER, Irsyad Septian selaku Kepala Divisi Pengembangan PT SIER dan Dedi Apriyanto selaku Kepala Divisi ICT PT SIER.

Perwakilan dari PT Reciki Solusi Indonesia yang hadir antara lain Bhima Aries Diyanto selaku Direktur Utama, Ahmad Muamar selaku Direktur Operasi, Hendriadi selaku Government Relation Manager, Adhitya Rakhma Putra selaku Operations Manager dan Trisca Deffy selaku Business Development Expert.