Dukung Generasi Emas Indonesia, SIER dan Wali Kota Surabaya Salurkan Beasiswa Pendidikan

PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) melalui Departemen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kembali menjalin sinergitas dengan Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya dalam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) pemberian kendaraan roda 3. Penyerahan ini secara simbolis diterima oleh Walikota Surabaya, Eri Cahyadi, di Balaikota Surabaya pada hari Rabu (31/1).

Kendaraan roda 3 ini nantinya akan dipergunakan untuk membantu pembersihan di 190 Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sementara yang ada di Kota Surabaya.

"Setelah ini diharapkan tidak ada lagi TPS yang kotor dan tong bin semua harus tertutup supaya TPS tidak terlihat kumuh. harapannya sinergitas yang dilakukan oleh PT SIER ini menginisiasi perusahaan lain untuk menjalin hubungan yang lebih baik bersama Pemerintah Kota Surabaya," ujar Eri dalam sambutannya.

Selain itu, dalam kesempatan ini juga dilakukan simbolis penerimaan beasiswa yang merupakan bentuk sinergitas PT SIER dengan Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Sesuai roadmap beasiswa yang telah diberikan dalam kurun waktu 5 (lima) tahun (2020-2025) ini mencapai nilai Rp600 juta. Program ini merupakan beasiswa untuk siswa dari Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan siswa berprestasi.

"Dalam kurun waktu 5 tahun ini beasiswa dari SIER sudah menjangkau 555 siswa dari 80 sekolah SD dan SMP yang berada di Kota Surabaya. Ini merupakan bukti bahwa SIER fokus dan peduli kepada dunia pendidikan dan masa depan penerus bangsa. Harapannya beasiswa ini tepat sasaran dan dapat membantu generasi penerus bangsa untuk semakin berprestasi," kata Didik Prasetiyono selaku Direktur Utama PT SIER yang juga turut hadir dalam acara simbolis.

Didik menjelaskan bahwa penyerahan beasiswa ini juga membantu SIER untuk merealisasikan program TJSL yang salah satunya fokus pada program pendidikan. Beasiswa pendidikan ini sebagai wujud tanggung jawab kami terhadap dunia pendidikan dan untuk memberikan semangat anak-anak sekolah supaya terpacu untuk berprestasi.

“Pemerintah Kota Surabaya sangat mengapresiasi pemberian beasiswa yang diinisiasi oleh SIER. Meski bergerak sebagai pengelola kawasan industri, tapi SIER tetap menaruh perhatian lebih kepada pemuda-pemudi penerus bangsa. Hal ini belum tentu dimiliki dan disadari perusahaan lain di luar sana. Semoga program ini bias menginisiasi perusahaan lain untuk juga mempunya program beasiswa yang berjalan secara rutin dan semakin membantu banyak anak-anak yang membutuhkan,” ucap Eri.

Sebagai gambaran, mulai tahun 2020 hingga 2022 beasiswa pendidikan yang diserahkan oleh PT SIER menyasar kepada 125 anak per tahun dengan nilai beasiswa sebesar Rp150 juta per tahun. Beasiswa pendidikan ini diserahkan kepada anak-anak dari Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang berada di Kota Surabaya.

Mulai dari tahun 2023, PT SIER mengusung gerakan SIER Mengajar yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Surabaya untuk memberikan beasiswa pendidikan kepada anak-anak yang berprestasi.

"Penyerahan beasiswa ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami dalam mendukung dunia pendidikan menuju Indonesia Emas 2045. Harapannya, generasi muda mampu bersaing secara global di dunia yang semakin kompetitif. Semoga bantuan SIER ini bisa memberikan kemanfaatan untuk seluruh masyarakat, terutama penerus bangsa yaitu generasi emas Indonesia," kata Didik.

Didik menambahkan, dalam menyerahkan bantuan beasiswa pendidikan SIER bersinergi dengan berbagai pihak, terutama Dinas Pendidikan Kota Surabaya dan Pemerintah Kota Surabaya. Dengan adanya kolaborasi ini seluruh pihak akan saling bahu membahu untuk menciptakan pendidikan di Kota Surabaya yang berkualitas di masa depan.