Sosialisasi Pusat Logistik Berikat PT SIER dan PT Sucofindo

    Surabaya, 29 Agustus 2019 – Setelah sukses launching Pusat Logistik Berikat (PLB) di wilayah SIER hasil kerjasama antara PT SIER dan PT SUCOFINDO, Kamis (29 /08) diadakan sosialisasi PLB kepada sebanyak 75 perusahaan yang terdiri dari perusahaan kawasan, pengusaha logistik, dan shipping lainnya yang diselenggarakan di Hall Basroni Rizal Lt.6 Wisma SIER. Turut hadir dalam kegiatan ini Direktur Utama PT SIER, Fattah Hidayat dan Direktur Utama PT Sucofindo (Persero), Bachder Djohan Buddin. Dengan pemateri Kepala Divisi Logistik PT SIER Ilyas Prasetyo dan Kepala Startegic Bussines Unit (SBU) Komoditi dan Solusi Perdagangan PT SUCOFINDO (Persero) Rikrik Supriyadi.

    Dalam sambutannya, Fattah Hidayat menjelaskan bahwa PLB dibangun untuk memberikan solusi kepada para pengusaha mengenai masalah besarnya biaya logistik nasional. Tercatat biaya logistik di Indonesia mencapai 24% dari total PDB, dibandingkan negara lain seperti Vietnam mencapai 20% dari PDB, Thailand mencapai 15% dari PDB, dan China mencapai 14% dari PDB. Hal tersebut tidak lepas dari Indonesia yang merupakan negara kepulauan, namun demikian hal tersebut dapat segera diatasi dengan adanya solusi PLB. PLB, adalah tempat penimbunan barang sementara yang memiliki beragam fungsi yang dapat digunakan para importir untuk menyimpan barang dari luar Indonesia dengan fasilitas penangguhan bea masuk atau bea masuk ditunda. 

    Selanjutnya, Direktur Utama PT SIER menyampaikan bahwa PLB PT SIER dan PT SUCOFINDO menyediakan luas lahan kurang lebih sebesar 7900 m2 dengan luas tanah 1.5 Ha yang siap untuk digunakan gudang PLB. PT sier telah membuka kawasan pergudangan seluas 5 Ha di Pasuruan (PIER 1) yang didalamnya akan dibangun PLB juga. 

    Dengan fasilitas PLB ini, diharapkan dapat menurunkan biaya logistik dengan menjaga ketersediaan bahan baku secara cepat, menurunkan dwelling time dan diharapkan dapat menjadi pusat distribusi kawasan atau hub distribusi untuk regional di Asia Tenggara.