SIER Teken Perluasan Investasi Pabrik Daur Ulang Terbesar Dunia

Salah satu tenant PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) kembali melakukan perluasan lahan, melalui Perjanjian Penggunaan Tanah Industri (PPTI). Tenant itu yakni PT Veolia Services Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang RPET (Recycle Poly Ethyene Terephtalate) Food Grade, yang saat ini merupakan perusahaan daur ulang plastik yang terbesar di dunia.

Penandatanganan kerjasama ini telah dilakukan antara pihak PT Veolia dan PT SIER di Gedung Plaza BP Jamsostek, Jakarta Selatan, Jumat (22/7/2022).

Perwakilan PT Veolia Services Indonesia dihadiri Direktur PT Veolia, H Ir Joko Tripujono Sunaryo MBA dan tim. Sementara SIER dihadiri Silvester Budi Agung, Plt Direktur Utama PT SIER, Direktur Operasi PT SIER, Didik Prasetiyono dan Suranto, Kepala Divisi Pemasaran.

Direktur PT Veolia, Joko Tripujono Sunaryo mengatakan, perusahaannya telah melakukan beberapa kali kerjasama dengan SIER. Pertama kali berinvestasi di SIER pada 2018 dengan menyewa gudang, sewa BPSP (Bangunan Pabrik Siap Pakai), kemudian melakukan perluasan investasi di kawasan industri PIER (Pasuruan Industrial Estate Rembang).

“Sekarang kami melakukan kerjasama lagi dengan melakukan perluasan lahan melalui PPTI senilai Rp 15 miliar. Kami sebelumnya sudah memiliki lahan di PIER. Sekarang PT Veolia menandatangani penambahan perluasan lahan 10.385 meter persegi di kawasan yang sama yakni PIER,” ungkap Joko.

Dengan adanya perluasan ini, lanjutnya, pihaknya sangat optimis akan mampu menyerap lebih banyak tenaga kerja tambahan kurang lebih 250 orang. Jika perusahaan ini semakin besar, tidak menutup kemungkinan akan terus menambah tenaga kerja.

“Sehingga sebagai perusahaan pendorong circular economy daur ulang tentu saja harapan kami semoga bisa semakin bemanfaat bukan hanya untuk kami sendiri, tetapi untuk masyarakat Jawa Timur, khususnya yang berada di Pasuruan dan sekitarnya,” tandasnya.

Sementara itu, Plt Direktur Utama PT SIER Silvester Budi Agung mengaku sangat berterima kasih kepada PT Veolia karena telah memberikan kepercayaan kepada SIER untuk memperluas bisnisnya. Perluasan bisnis ini menunjukkan jika perekonomian Indonesia telah bangkit, setelah mengalami masa-masa sulit selama pandemi Covid-19.

“Kami dari PT SIER sangat berterima kasih atas kepercayaan PT Veolia. Perluasan lahan senilai Rp15 miliar ini merupakan bukti nyata bahwa PT SIER masih sangat diminati oleh para investor. Kami akan terus berusaha memberikan yang terbaik untuk para calon investor dan tenant yang sudah ada sekarang,” ujar Silvester.

Suranto, Kepala Divisi Pemasaran PT SIER menambahkan, sejak masa pandemi Covid-19 memang tidak mudah meningkatkan penjualan seperti pada saat sebelum pandemi. Namun, tim dari Divisi Pemasaran SIER selalu berusaha untuk menciptakan inovasi dan kreasi baru, untuk menggenjot tingkat penjualan demi mencapai target yang sudah ditentukan.

“Akhirnya kerja keras kami itu mulai membuahkan hasil salah-satunya dengan adanya investasi ini. Selain dari PT Veolia, sebelumnya ada kerjasama sewa gudang yang dilakukan PT Anugerah Pharmindo Lestari (APL). Perusahaan ini menambah luas sewa gudangnya yang cukup luas,” tandasnya.