PT SIER Peduli Bencana Nasional Covid-19

Pemerintah Indonesia telah menetapkan pandemi Covid-19 dengan status kedaruratan kesehatan masyarakat sejak 31 Maret 2020. Tentunya dengan keadaan yang seperti ini, butuh kepedulian dan kerjasama, mengingat situasi sulit ini tidak hanya dihadapi oleh beberapa pihak saja, tetapi seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

PT SIER sebagai salah satu BUMN juga turut berkontribusi dalam aksi nyata peduli Covid-19. Melalui PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan), PT SIER memesan masker kain motif batik dan Baju Hazmat untuk sumbangan APD kepada tenaga medis, melalui UMKM binaannya sebagai bentuk pemberdayaan dan juga dukungan di tengah melemahnya perekonomian UMKM saat ini. PT SIER juga menyerahkan bantuan berupa 100 box masker medis dan 1.000 buah baju hazmat kepada Pemerintah Kota Surabaya pada Kamis, 23 April 2020. 

Selain itu, PT SIER telah menyusun protokol kesehatan untuk seluruh tenant kawasan industri demi mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan sekitar. PT SIER juga mendirikan Posko Pusat Informasi yang berlokasi di Klinik SIER. Sehingga masyarakat sekitar yang masih membutuhkan informasi atau bisa juga untuk yang ingin memeriksakan diri, bisa langsung datang ke Klinik SIER dan ditangani langsung oleh tenaga medis. 

Kementerian BUMN melalui SK -77/MBU/03/2020 telah memberikan arahan untuk membentuk satgas bencana nasional (Covid-19) kepada seluruh BUMN. Satgas secara merata terdapat di 34 provinsi dan berfungsi untuk mengkoordinasikan CSR BUMN. Pada masing-masing Provinsi ditugaskan satu BUMN sebagai Koordinator. Selanjutnya satgas dikembangkan sampai pada tingkat Kabupaten/Kota. PT Petrokimia Gresik menjadi Koordinator Satgas Bencana Nasional BUMN Jatim dan PT SIER ditunjuk sebagai Koordinator Posko seluruh wilayah Jawa Timur. 

Di Jawa Timur sendiri, terdapat 38 kabupaten dan kota. Di setiap kabupaten dan kota, akan ada PIC (Person In Chair) dari perwakilan BUMN yang mendirikan posko dan menjadi koordinator di masing-masing wilayahnya. Hingga saat ini sudah lebih dari 20 BUMN yang terlibat dan bekerjasama dalam menjalankan fungsi Satgas Bencana Nasional (Covid-19) di Jawa Timur.