Kupas Isu Transisi Energi, PT SIER jadi Jujukan Delegasi Uni Eropa

Surabaya, 5 Desember 2022 – PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) mendapat kehormatan menerima kunjungan dari delegasi Uni Eropa pada Senin, 5 Desember 2022. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai rangkaian dari program Trade & Investment Dialogue Roadshow Visit to East Java yang berlangsung pada 5-6 Desember 2022 di Surabaya.

Delegasi Uni Eropa yang hadir dalam kegiatan ini antara lain Vincent Piket (Ambassador of European Union to Indonesia and Brunei Darussalam), Marika Jakas (Head of Economic and Trade Section European Union Delegation to Indonesia and Brunei Darussalam). Cezary Filipek (Polish Investment and Trade Agency Jakarta Office), Gustaaf Reerink (Eurocham), dan Joko Raharjo (Officer of Economic and Trade Section European Union Delegation to Indonesia and Brunei Darussalam).

Selain itu turut hadir pula perwakilan dari KADIN (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) yaitu Anne Sutanto (Head of Permanent Committee for Multilateral and Free Trade Agreement) dan Lily Jessica Tjokrosetio (Netherlands KADIN East Java).

Sedangkan PT SIER dihadiri oleh Didik Prasetiyono (Direktur Utama), Rizka Syafittri Siregar (Direktur Keuangan, Administrasi, dan Manajemen Risiko), Lussi Erniawati (Direktur Operasi), dan seluruh kepala divisi PT SIER.

Dalam kunjungan kali ini, para delegasi Uni Eropa diperkenalkan mengenai kawasan industri yang dikelola oleh PT SIER yakni SIER (Surabaya Industrial Estate Rungkut) dan PIER (Pasuruan Industrial Estate Rembang), terutama berhubungan dengan investor dari negara Uni Eropa serta fasilitas-fasilitas yang berkaitan dengan transisi energi. Seperti halnya IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) yang dikelola secara mandiri untuk mengolah limbah cair dari tenant-tenant kawasan, pengembangan fasilitas pengolahan limbah B3 padat dengan metode insinerasi (pembakaran), penggunaan panel surya on grid, serta SPKLU (Stasiun Pengisian Listrik Umum).

“Fantastic to see how SIER manages and develops all of these things as a company under government. I can say that your estate is very attractive for international terms not only for Indonesia. Especially your ambition to green everything not just only a wastewater treatment plant but also energy use. I want to know more about how your company agenda about this,” ujar Vincent.

Didik menyampaikan menjadi sebuah kehormatan bahwa SIER menjadi tempat kunjungan dari para delegasi Uni Eropa. Ia merasa bangga bisa memperkenalkan kawasan industri yang dikelola oleh PT SIER, termasuk upaya transisi energi yang dilakukan, kepada para delegasi Uni Eropa yang sangat menjunjung tinggi mengenai zero waste. Didik juga mengutarakan apabila ada negara Uni Eropa yang ingin berinvestasi di kawasan industri SIER maupun PIER, PT SIER sangat terbuka akan hal itu.

Isu transisi energi semakin digaungkan usai kegiatan Presidensi G20 Indonesia berlangsung November lalu. Transisi energi menjadi peran nyata negara-negara di dunia dalam mencapai target pembangunan global berkelanjutan di tahun 2030. Selain itu, transisi energi juga menjadi solusi krisis energi global yang sedang terjadi.

Selain berdiskusi, para delegasi Uni Eropa juga berkesempatan mengunjungi secara langsung IPAL yang berada di kawasan industri SIER. Mereka sangat antusias dan menyanjung upaya PT SIER yang terus menggaungkan transisi energi di Indonesia.