Industri Pakan Hewan Prospektif, Nutricell Investasi di Kawasan PIER Pasuruan

Kawasan Industri PIER Pasuruan yang dikelola PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) terus mendapat kepercayaan dari dunia usaha. Yang terbaru, perusahaan penanaman modal dalam negeri (PMDN) PT Nutricell Pacific menyepakati penggunaan tanah industri seluas 15.000 meter persegi di PIER Pasuruan untuk pembangunan sarana produksi produk nutrisi dan kesehatan hewan.

Kesepakatan antara PT Nutricell Pacific dan PT SIER tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Penggunaan Tanah Industri (PPTI). Total investasi tahap pertama PT Nutricell Pacific di Kawasan Industri SIER ini sebesar kurang lebih Rp 60 miliar dengan serapan tenaga kerja sekitar 100 orang.

Direktur Utama PT Nutricell Pacific, Suaedi Sunanto, mengatakan, iklim investasi di industri pakan hewan peliharaan (pet animals) cukup bagus. Nutricell mengembangkan investasi di Kawasan PIER Pasuruan sebagai upaya perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pasar yang semakin meningkat.

"Selain prospek pasar di dalam negeri yang cerah, peluang ekspor pun masih terbuka lebar. Pengembangan investasi Nutricell di PIER nantinya selain untuk memenuhi permintaan dalam negeri juga untuk memenuhi permintaan ekspor yang selama ini kurang bisa kami penuhi karena terbatasnya kapasitas produksi," ungkap Suaedi.

Nutricell, lanjut dia, juga berencana mengembangkan kerjasama dengan perusahaan asal Amerika Serikat. Saat ini, Nutricell sudah memiliki pabrik di Tangerang dan Sidoarjo.

"Kami sangat yakin bahwa masa depan produksi pakan hewan akan didorong oleh teknologi yang menciptakan efisiensi dan produktivitas yang lebih tinggi sekaligus mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan. Keputusan kami memilih investasi di PIER ini karena selain infrastruktur industri lengkap dan dekat akses tol, PIER ini termasuk kawasan industri yang green dan sustainable karena mandiri dalam pengolahan limbahnya," tambah Suaedi yang didampingi oleh Sigit Widayanto selaku Komisaris, dan Wira Wisnu Wardani selaku Direktur R&D.

Direktur Pemasaran dan Pengembangan PT SIER, Silvester Budi Agung, menyambut gembira kehadiran Nutricell di kawasan industri PIER Pasuruan. "SIER bangga bisa melayani dunia usaha untuk berinvestasi dan memberi nilai tambah bagi perekonomian nasional," ujar Silvester.

"Selain menunjukkan kepercayaan kepada SIER yang terus meningkat, kehadiran investor-investor baru di kawasan industri yang kami kelola ini juga menjadi sinyal pemulihan ekonomi. Kami optimistis bisa terus menjadi bagian dari upaya pemulihan ekonomi melalui pengelolaan kawasan industri yang modern dan berkelanjutan," imbuhnya.

Dia menambahkan, PT SIER memegang teguh prinsip pengelolaan kawasan industri yang berkelanjutan dengan mengikuti berbagai standar dalam Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) dalam Pengelolaan Lingkungan yang dikembangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup sejak tahun 1995. Setiap tahun, SIER mengikuti penilaian Proper dan konsisten mendapatkan Proper Biru, di mana perusahaan dianggap telah melakukan upaya pengelolaan lingkungan yang dipersyaratkan sesuai aspek yang dipersyaratkan oleh pemerintah.

"PT SIER akan terus meningkatkan kualitas layanan secara terintegrasi kepada seluruh tenant dan calon investor agar semakin dipercaya sebagai salah satu pengelola kawasan industri terbaik di Indonesia, khususnya tentang sustainability. Kami senang perusahaan dalam negeri mulai pulih dan berinvestasi di SIER. Terima kasih atas kepercayaan untuk PT SIER," jelas Silvester didampingi oleh Komisaris Utama PT SIER Suwartomo, Direktur Operasi PT SIER Didik Prasetiyono, dan Direktur Keuangan, Administrasi dan Manajemen Risiko PT SIER Rizka Syafittri Siregar.